Date Published : Kamis, 07 Maret 2013

Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Pada awalnya memiliki kartu kredit memang sangat menyenangkan, karena tanpa kita memiliki uang cukup kita bisa membeli barang yang kita suka. Tapi harap di ingat, di awal mungkin menyenangkan, tapi setelah beberapa bulan berjalan kita akan kerepotan dibuat nya. Pasalnya tagihan kartu kredit kita yang terus membengkak dan kita mungkin kesulitan untuk membayar tagihan tersebut. Hal ini pernah dialami oleh beberapa teman saya, pada saat pertama kali memiliki kartu kredit, tanpa pikir panjang dia terus melakukan transaksi tanpa memikirkan bagaimana nanti membayarnya. Dan memang terbukti, selama 2 tahun dari tagihan awal sekitar 3 jt membengkak menjadi 10 jt [dalam tahun pertama dia membayar hanya pada batas minimal pembayaran dan tahun ke dua tidak melakukan pembayaran sama sekali dan kartu kredit menerapkan sistem bunga ber bunga]. Untuk melunasi nya, sampai-sampai orang tua nya harus menjual sawah. Dari pengalaman teman tersebut diatas saya sendiri sangat berhati-hati dalam berbelanja menggunakan kartu kredit.


Berikut ini beberapa tips dalam menggunakan kartu kredit yang mungkin bisa berguna bagi sobat blogger :
  • Usahakan untuk tidak selalu membawa kartu kredit saat keluar [khususnya saat jalan-jalan di mall, karena godaan datang secara tiba-tiba].
  • Membeli barang hanya yang sesuai dengan kebutuhan kita dan sesuaikan dengan kemampuan anda membayar tagihan setiap bulannya. Jangan sampai tagihan kartu kredit lebih besar dari penghasilan yang sobat terima setiap bulannya.
  • Jika membeli barang dengan kartu kredit diusahakan menggunakan cara cicilan tetap dan mencari merchant yang memberikan promo bunga 0%, dengan pilihan angsuran 6 atau 12 bulan. Karena dengan cara ini kita lebih bisa mengontrol tagihan setiap bulannya. Misalnya, kita mau membeli TV seharga 2.000.000 [harga tunai], dan bila kita ingin membayar dengan kartu kredit dengan cicilan tetap harga lebih mahal sedikit, kurang lebih 3%, total sekitar 2.060.000. Jika kita memilih angsuran 6 bulan, perhitungannya 2.060.000 : 6 = [sekitar 343.400 untuk tagihan per bulannya selama 6 bulan], sedangkan jika memilih angsuran 12 bulan, perhitungannya 2.060.000 : 12 = [sekitar 171.700 untuk tagihan per bulannya selama 12 bulan], pilih mana yang lebih sesuai dengan kemampuan sobat.
Keputusan tetap berada di tangan sobat blogger sendiri.
Share this article :

Related posts with label :

12 komentar:

  1. Saya dari dulu tidak pernah diperbolehkan ibu saya untuk memiliki kartu kredit.
    Kata ibu saya kartu kredit membuat boros hehe...
    Makasih sob infonya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibunya mas memang benar.. itu memang lebih baik, dari pada nantinya kita terjebak di dalamnya.

      Hapus
    2. Yang kasihan adalah orang yang tidak bisa menahan keinginan untuk belanja. Jika orang itu sangat kaya mungkin tidak masalah, tapi kalau orang itu cuma berkecukupan bisa2 kartu kredit menjadi neraka dia :)

      Hapus
  2. Kata ibu saya kartu kredit membuat boros oleh sebab itu saya tidak boleh bikin kartu kredit :D
    Makasih sob infonya :)

    BalasHapus
  3. jujur nih saya mas bayu...dari dulu sampai saat ini...saya blm punya kartu kredit...walau sering ngeridit tapi melalui koperasi di kantor... :)

    #dari yg mas bayu..sampaiin di atas..bener tuh mas harus bijak..jgn di saat waktu ngegesek nya enak...pas jatuh waktu buat bayar... pala pusing 7 keliling ..hehe

    terima kasih mas...udah ngingetin ke kita2...
    -salam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artikel diatas saya tulis karena berdasarkan pengalaman dari seorang teman juga pengalaman saya sewaktu kerja di bank. Saya hanya tdk ingin melihat orang2 masuk dalam lingkaran setan kartu kredit.

      Hapus
  4. dasar orang kaya, artikelnya bahas kartu kredit. huhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru orang kaya tidak butuh kartu kredit. Lha wong kartu kredit itu kita pinjam duit di bank untuk membeli sesuatu.

      Hapus
  5. saya belum terbiasa nyimpen duit di bank, cz duitnya masih recehhhhhhhhhhh ^_^ .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nyimpan duit di bank namanya nabung non Tia, kalau kartu kredit.. kita dipinjamin uang oleh bank.

      Hapus

Baca aturan pakai, jika masih bingung hubungi Mbah Google :
Silahkan berkomentar dengan bahasa sesuka anda.
Jangan menggunakan perkataan yang dapat menyinggung orang lain.
Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung "Unsur Sara".
.:: Salam Blogger ::.

Tambahan :
Jika profil blogger anda menggunakan Google Plus, mohon gunakan :
"Name/URL", jangan menggunakan "Google Account" .