Date Published : Sabtu, 02 Maret 2013

Wisata Goa Di Pacitan

Beberapa waktu yang lalu saya pernah memposting mengenai beberapa tempat wisata pantai di Pacitan. Kali ini saya akan memberikan informasi tentang obyek pariwisata yang lain di kota tersebut. Wisata goa.. yaa, Pacitan selain dikenal dengan wisata pantai juga dikenal dengan julukan kota 1000 goa. Begitu banyak goa yang ditemukan di sana, tapi tidak semua nya saya informasikan di sini. Saya sendiri tidak tahu berada di mana saja goa-goa tersebut, namun yang pasti pernah saya kunjungi adalah :

1. Goa Gong
Terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, sekitar 30 km dari kota Pacitan. Dinamakan Goa Gong karena di dalam nya ada sebuah batu jika dipukul akan menimbulkan bunyi seperti Gong yang di tabuh. Pada awal mulanya Goa Gong pertama kali ditemukan oleh dua orang penduduk lokal yang tanpa sengaja sedang ingin mencari sumber air. Di dalam Goa Gong di fasilitasi dengan cahaya lampu yang temaram di sepanjang jalan masuknya. Goa-goa di Pacitan ini pada umumnya terbentuk dari jenis batuan Karst, batu yang tampak hitam dan sangat keras. 


2. Goa Tabuhan
Terletak di wilayah Dukuh Tabuhan, Desa Wareng, Kecamatan Punung, sekitar 25 km dari kota Pacitan. Goa ini di namakan Goa Tabuhan karena sering digunakan oleh warga sekitar untuk acara atau kegiatan kesenian, cara nya dengan memukul stalagtit di dalam goa, hingga mengeluarkan suara atau irama seperti gamelan. Goa Tabuhan yang berlokasi di wilayah bukit kapur, dengan pembentukan stalagtit dan stalagmit yang konon umur nya sudah mencapai ratusan tahun, yang terbentuk akibat adanya reaksi unsur kimia antara air hujan dan mineral kapur. Dengan panjang mencapai 7 meter dan dengan diameter mencapai 1 meter, stalagtit dan stalagmit di dalam goa ini, tampak menyerupai pilar-pilar raksasa yang sangat menakjubkan dengan menjular ke bawah. Kita bisa menikmati suara gamelan dari dalam goa dengan di bantu oleh seniman gamelan desa sekitar.


Share this article :

Related posts with label :

24 komentar:

  1. Pertamax hadir ...Wah keren-keren serem sob goanya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kalau rame-rame ndak serem koq mas.. hehehe.

      Hapus
  2. piye toh...katanya 1000 goa, kok gambarnya cuma 2 goa ajah. huh..pelit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. yg lainnya blm pernah kesana, jadi ya tdk bisa cerita.

      Hapus
  3. Goanya bagus2, saya belum pernah sama sekali masuk ke goa..
    Skrg sudah tau gambarnya, lumayan lah, makasih sob :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba, sesekali berkunjung kawan.. biar tahu rasanya masuk goa.. hehehe.

      Hapus
  4. Belum pernah ke Pacitaaan :O
    Keren kayaknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah.. kota Blitar ama Pacitan kan dekat.. coba main kesana.

      Hapus
  5. Jadi pengen kesana kang bayu, makasih udah sharing infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan datang sobat.. tempatnya tdk kalah dg yang lain nya.

      Hapus
  6. semoga 10 tahun kedepan goa nya nggak ke tutup sob, dan tetap dilestarikan :)

    BalasHapus
  7. wah cantik banget sayang kemaren saia gk sempet berkunjung waktu ke jatim,,,,makasih sobat infonya lanjuuuuuuuuuuuuuut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi lain waktu pasti mampir kan sobat..

      Hapus
  8. kereen banget nih,kapan ya bisa maen ksitu??

    BalasHapus
  9. kalau asal cahaya yang warna-warni itu asalnya dari mana sobat? Apakah pantulan dari cahaya temaran di pintu masuk itu?

    Keren, di referensiin ah buat objek wisata yang akan datang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sob.. ditambah oleh efek cahaya kamera..

      Hapus
  10. hampir mirip goa maharani yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau goa maharani aku blm pernah kesana.. mungkin juga menyerupai.

      Hapus
  11. goa ki joko bodo lebih serem :D

    BalasHapus
  12. goanya bagus tapi sayangnya jadi tempat ritual musyrik

    BalasHapus
  13. Masuknya goa brp itu.... dlu pernah kcna jman sd. Indah bgt

    BalasHapus

Baca aturan pakai, jika masih bingung hubungi Mbah Google :
Silahkan berkomentar dengan bahasa sesuka anda.
Jangan menggunakan perkataan yang dapat menyinggung orang lain.
Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung "Unsur Sara".
.:: Salam Blogger ::.

Tambahan :
Jika profil blogger anda menggunakan Google Plus, mohon gunakan :
"Name/URL", jangan menggunakan "Google Account" .